MTsN 2 Pasuruan

Jl. Urip Sumoharjo Telp (0343) 631432

Madrasah Hebat Bermartabat

Tetap Seru, MATSAMA Masanda Dilaksanakan Secara Daring

Rabu, 14 Juli 2021 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 314 Kali

Kebijakan pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tanggal 3-20 Juli 2021 berimbas pada dunia pendidikan. Salah satunya penangguhan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Padahal PTM sudah dinanti baik oleh siswa, orang tua maupun para pendidik. Keinginan belajar bersama pun menjadi sirna. Padahal Tahun Pelajaran 2021/2022 harusnya sudah dimulai.

Menyikapi keadaan tersebut, mau tidak mau pembelajaran dilaksanakan daring secara penuh. Termasuk di dalamnya Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang sejatinya adalah masa perkenalan siswa baru dengan teman-teman barunya, guru-guru, kebiasaan baru dan juga lingkungan madrasah.

MATSAMA daring MTsN 2 Pasuruan dilaksanakan pada tanggal 12-14 Juli 2021. Dalam sambutannya kepala MTsN 2 Pasuruan, Muhari, mengucapkan selamat datang dan bergabung di MTsN 2 Pasuruan. Kepala MTsN 2 Pasuruan juga mengajak para siswa, orang tua dan guru tetap memperhatikan protocol kesehatan agar tetap aman dari Covid-19. Selain upaya dhohir, Kepala MTsN 2 Pasuruan juga mengajak peserta didik melakukan ikhtiar batin dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, berharap pandemic covid-19 segera berakhir dan PTM dapat kembali digelar.

Pelaksanaan MATSAMA MTsN 2 Pasuruan memanfaatkan Teknologi Informasi meliputi youtube, google form dan Zoom. Video MATSAMA yang telah dibuat sebelumnya diupload di Channel Youtube MTsN 2 Pasuruan kemudian dibagikan kepada peserta didik baru. Materi-materi tersebut dibuat dan disampaikan oleh guru-guru MTsN 2 Pasuruan meliputii: (1) Pembukaan, (2) Profil Madrasah, Sarana dan Prasarana, (3) Struktur, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, (4) Pemetaan Kelas dan KBM, (4) Organisasi Kesiswaan, Prestasi dan Alumni, (5) Kesetaraan dan Antidiskriminasi, dan (6) Program Khusus Robotik dan MYRES.

Khusus penutupan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom. Peserta didik sangat antusias mengikuti acara penutupan. Kaisa Wahyudi dalam pesan dan kesannya sebagai peserta didik menyatakan bahwa acara ini menambahkan pengalaman baru dalam hidupnya. Harapannya, ia dan kawan-kawannya dapat terus mengembangkan kompetensi, minat, bakat, kreativitas dan prestasi bersama MTsN 2 Pasuruan.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT