MTsN 2 Pasuruan

Jl. Urip Sumoharjo Telp (0343) 631432

Madrasah Hebat Bermartabat

MTs Negeri 2 Pasuruan Gelar Pemilihan OSIM secara Daring

Senin, 16 November 2020 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 81 Kali

Pasuruan - Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MTs Negeri 2 Pasuruan memiliki gawe besar tahun ini. Gawe besar tersebut adalah pemilihan ketua dan dan pengurus OSIM baru masa bakti 2020/2021. Meskipun sempat mundur karena terkendala Pandemi Covid -19, tetapi tidak menyurutkan semangat panitia untuk tetap melaksanakan pemilihan OSIM. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini pemilihan OSIM dilaksanakan dengan cara  daring.

Pemilihan ketua dan pengurus OSIM melalui beberapa tahapan. Menurut Hariyatun, S.Pd selaku Pembina OSIM tahapan yang dilakukan panitia adalah membuka pendaftaran bakal calon. Bakal calon yang sudah masuk harus mengikuti tes tulis dan wawancara. Berdasarkan hasil tes  tulis dan wawancara ditentukan pasangan sebagai calon ketua dan wakil ketua. Untuk pasangan calon yang terpilih diberikan pembekalan dalam merumuskan visi misi.

“Tahun ini ada dua pasangan bakal Calon yang dijadikan kandidat, yaitu Mega-Candra dan Deswita-Salsabila. Keduanya Insyallah calon terbaik yang lulus tes tulis dan wawancara maupun tes yang lainnya” kata Hariyatun.

Tahapan berikutnya adalah pengenalan calon melalui tahapan kampanye. Kampanye juga dilakukan secara daring memanfaatkan WA dan Youtube. Video Kampanye pasangan calon diupload pada media youtube dan lanjut share pada peserta didik.

Tahapan berikutnya adalah pemilihan daring. Sesuai agenda pemilihan dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Nopember 2020 melalui Google Formulir. Menurut Hariyatun, angka partisipasi pemilihan tahun ini menurun daripada tahun sebelumnya. Hal ini dimaklumi karena pemilihan dilakukan secara daring. Namun masih mencapai quorum yang ditetapkan, yaitu 50% plus 1.

“Angka partisipasi menurun, namun dapat dimaklumi. Anak-anak kan daring. Mungkin berbarengan dengan pengerjaan tugas atau kendala teknis lainnya, sehingga tidak mencapai 100 persen. Tetapi masih mencapai Qourum 50 persen plus 1.”

Sebagai informasi jumlah pemilih mencapai 960 pemilih. Pemilih tersebut berasal dari peserta didik sebanyak  886 siswa. Sedangkan sisanya berasal dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.

Sebagai Informasi, pemilihan Ketua OSIM masa bakti 2020/2021 dimenangkan pasangan calon nomor urut 1 Mega -  Candra

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT